Sabtu, 10 Agustus 2013

Manfaat dan Kandungan Daun Sirih

Kandungan daun sirih –  Setiap mendengar kata daun sirih, pasti yang terbayang di pikiran kita adalah berbgai penyakit seperti mimisan, keputihan atau nenek nenek yang mengunyah daun sirih. Ya, daun sirih memang lekat sebagai tanaman obat yang sudah turun temurun diwariskan oleh nenek moyang kita. Tanaman daun sirih diperkirakan sebagai tanaman asli Indonesia, sesuai dengan keterangan Marcopolo pada catatan perjalannannya. Tanaman ini hidup merambat dengan panjang sekitar 15 meter, dengan cirri bau yang khas.
manfaat daun sirih,kandungan daun sirih


Lantas kandungan apa yang terdapat pada daun sirih sehingga mampu mengobati beragam penyakit ?
Daun sirih mengandung beberapa senyawa yang berkhasiat menyembuhkan penyakit. Dalam beberapa studi dikatakan bahwa kandungan daun sirih yang terpenting, yang bisa digunakan sebagai obat adalah senyawa fitokimia, minyak atsiri, vitamin C, dan  riboflavin.  Berikut ini kandungan daun sirih beserta manfaatnya:

Minyak Atsiri (betlephenol, kavikol, estragol,eugenol)
Kandungan minyat atsiri pada daun sirih berfungsi untuk mematikan kuman, mengusir jamur, dan juga sebagai antioksidan. pemanfaatan minyak atsiri ini digunakan untuk pengobatan keputihan, dan antiseptik.

Senyawa fitokimia
Selain mengandung minyak atsiri daun sirih juga mengandung senyawa fitokimia yang berfungsi menangkal radikal bebas, menangkal racun, serta merangsang sistem pertahanan tubuh. Senyawa fitokimia yang terkandung adalah saponin, tanin, alkoloid, dan flavonoid. Senyawa tersebutlah yang membuat aroma dadan rasa daun sirih begitu khas.

Vitamin C
Daun sirih juga meiliki kandungan vitamin C yang cukup banyak. Itu alasan mengapa nenek moyang mengunyah daun sirih. Dengan mengunyah daun sirih, maka bisa terhindardari sariawan.

Riboflavin
Daun sirih mengandung riboflavin, yaitu sebuah enzim yang bermanfaat untuk mengobati/mencegah jerawat serta mengobati mata merah.


Itulah empat kandungan daun sirih yang sangat bermanfaat mengobati berbagai penyakit. Selain itu masih banyak lagi zat serta senyawa yang bermanfaat untuk pengobatan. Namun, yang paling dominan dan dimanfaatkan oleh masyarakat pada umumnya. 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © . Serli Anggriawan - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger