Sabtu, 31 Agustus 2013

Macam-macam Bahan Yang Bisa Dibuat Sebagai Masker rambut

Masker merupakan nutrisi yang penting untuk perawatan. Tak hanya wajah yang membutuhkan nutrisi, ternyata rambutpun memerlukannya. Masker rambut bisa dibeli di pasaran dan di jual bebas. Akan tetapi kita bisa membuat masker rambut dengan bahan alami tentu saja tidak ada campuran zat kimia atau zat berbahaya lainnya. 

Berikut ini adalah macam-macam bahan yang bisa dipakai untuk masker rambut:

  1. Pisang. Pisang tidak hanya enak untuk dimakan tetapi juga berguna untuk melembutkan rambut. Pertama. Siapkan pisang, 1-3 buah sesuai dengan ukuran rambut. Blender pisang kemudian tambahkan dengan 2sdm madu, 2sdm minyak zaitun dan 2sdm susu. Aplikasikan masker tersebut pada rambut yang masih kering. Bungkus kepala dengan handuk dan diamkan sampai 20 menit. Setelah itu, keramasi rambut dan keringkan.
  2. Yogurt. Yogurt mempunyai kegunaan sebagai pengontrol minyak yang berlebihan pada kulit kepala. Agar rambut tidak lepek dan tetap bersinar gunakanlah masker rambutdari campuran 2sdm yogurt plain dan 2sdm jeruk nipis. Aplikasikan masker ini pada batang rambut secara merata. Diamkan selama 10 menit. Bilas dengan air dingin, keramaslah dengan shampo dan gunakan conditioner bilas hingga bersih.
  3. Biji kemiri. Umumnya jenis bahan ini adalah untuk bumbu suatu masakan. Akan tetapi kemiri juga dipercaya bisa menumbuhkan rambut yang rontok. Siapkanlah, setengah sdt minyak cengkeh, setengah sdt minyak kelapa dan 1 butir kemiri. Bakar biji kemiri kemudian haluskan, tambahkan dengan bahan lainnya. Oleskan masker pada rambut yang mengalami kerontokan.
  4. Lidah Buaya. Lidah buaya atau bisa disebut dengan Aloe Vera merupakan tanaman yang memiliki banyak khasiat. Salah satunya adalah untuk menyuburkan rambut, membersihkan serta menyegarkan kulit kepala dan memberikan sensasi dingin. Aplikasikan daging atau lendir dari lidah buaya pada akar rambut, biarkan sesaat agar nutrisi dari lidah buaya meresap.
  5. Kuning Telur. Selain menggunakan yogurt, kita dapat juga mengunakan kuning telur untuk pembuatan masker jenis rambut yang berminyak. Ambil kuning telur, campurkan dengan 1 buah air perasan jeruk nipis. Aplikasikan ke seluruh bagian rambut. Diamkan  20-40 menit. Bilas menggunakan air dingin tanpa shampo.
  6. Putih telur. Sebelumnya telah kita bahas tentang kegunaan kuning telur sebagai mengontrol rambut berminyak. Sedangkan putih telur bisa dimanfaatkan sebagai perawatan rambut beruban. Siapkan 3butir putih telur, setengah gelas air putih dan setengah sdt garam dapur. Campurkan semua bahan kemudian pijat pada kulit kepala. Diamkan 2-3 jam sebelum keramas.
  7. Jeruk Nipis. Untuk perawatan rambut kering, kita bisa menggunakan perasan dari jeruk nipis. Pijat kulit kepala dengan perasan jeruk nipis,kemudian diamkan sesaat agar nutrisi dari jeruk meresap kedalam kulit kepala. Bilas dan cuci bersih rambut.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © . Serli Anggriawan - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger